Minggu, 02 Desember 2007

Antivirus tanpa keamanan folder/partisi tidak akan ampuh.

Antivirus merk apa saja sebenarnya bagus. tapi ada kekurangannya, antivirus yang sudah di-update pun tidak dapat membunuh virus yang baru dan ada jg antivirus yg tdk dpt mematikan virus yang hebat. virus datangnya bisa dari internet dan flash disk maupun disket. cara kerja virus yaitu :

  1. duplikasi folder dan data, cara ini dilakukan dengan membuat duplikasi2 data dan folder dan dijadikan sebuah file berekstensi '.exe'. data dan folder yang asli di sembunyikan oleh virus. misalnya: data 'tugas.doc' ekstensi'.doc' ini merupakan ekstensi yang dibuat melalui microsoft word. data tersebut disembunyikan dan virus membuat data baru dengan nama yang sama 'tugas.exe' hanya ekstensi nya saja yang berbeda tapi nama data tetap sama. sedangkan folder(taw kan, yang berbentuk spt map warna kuning) cara infeksinya sama dengan cara diatas. jika itu diklik 2x maka virus itu akan menyebar mulai dari drive c,d,dst...
  2. OS is dead, cara kerja virus ini yaitu dengan merubah registry2 OS serta menghapus salah-satu file system OS. memang si-user tdk mengetahui adanya virus yang sedang merubah dan menghapus file system OS, pada saat direstart si-user baru menyadarinya bahwa komputernya diserang virus. efect samping setelah dihancurkan: tiba2 restart, hang, komputer melambat, dsb...
  3. virus yang ketiga ini sangat berbahaya sekali, virus ini bisa membuat salah satu hardware rusak. virus dibuat memakai bahasa pemrograman assembly...

jadi untuk mencegah datangnya virus baru/lama, silahkan ikuti tips saya ini. Kebutuhan soft yang diperlukan:

1.soft pengamanan folder(merk apa aja boleh)

fungsinya untuk membuat security pada drive maupun folder, agar tdk dapat diakses oleh virus. caranya mencari soft ini ketiklah pada search engine 'folder security download'. soft ini ada yang gratis dan ada juga yang trail.

2. soft Deep Freeze(versi brapa aja boleh)

cara kerjanya mengembalikan keadaan drive seperti semula pada saat direstart. dan jika ada file yang masuk maka pada saat direstart file tersebut akan dihapus. caranya mencari soft ini ketiklah pada search engine 'deep freeze download'.soft ini bukan gratis.

- setelah mendownload soft yang diatas, brikut ini cara instalasi-nya:

    1. install soft pengamanan folder.

    2. setelah diinstall, lakukanlah penguncian folder pada drive data(di partisi mana anda simpan datanya. msl : 'd:\' atau ' e:\').

    3. lakukan penguncian folder sebelum anda konek ke internet maupun pasang flash disk.

    4. stlh itu, install soft Deep Freeze.

    5. dan setting volumes to freeze pada drive 'c:\'(drive penyimpanan file system windows).

hanya itu saja caranya, jadi komputer anda bebas dari serangan virus baik virus lama dan baru atau virus yang tdk dapat dikalahkan oleh sang anti-virus.

NB: stlh mengikuti tips saya ini, jadi sebaiknya untuk penyimpanan file jangan disimpan pada drive 'c:\'. simpanlah pada drive 'd:\' partisi yang khusus untuk menyimpan data2 anda.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

met malam mas nama saya anto :)
aku punya mslh nihhh tolong dibantu ya :)
Komp ku kena virus "stmik asia" klau nggak salah nm asli virusnya : "abang soleh server". Dia duplikat ke folder yg lain. Trus menu "folder option" di explporer juga hilang. Ak coba scan nggak bisa (di lock) & aku coba format data D nya juga nggak bisa.Kira2 penyelesaiannya gimana.Thanks sebelumnya.Email aku : m1k3large@yahoo.com